Capsa Susun: Permainan Kartu Tradisional yang Menantang

Lucybartonplay/ March 28, 2020/ Worldwide

Capsa Susun adalah permainan kartu yang sangat populer di Indonesia. Permainan ini menggunakan kartu remi dan dimainkan oleh 2 hingga 4 pemain. Tujuannya adalah untuk menyusun kartu menjadi tiga tingkatan, dengan tujuan mencapai kombinasi kartu yang paling tinggi nilainya.

Aturan Dasar

1. Kartu yang Digunakan: Capsa Susun menggunakan satu set kartu remi standar yang terdiri dari 52 kartu tanpa joker. Setiap kartu memiliki nilai dan simbolnya masing-masing.
2. Penyusunan Kartu:
– Setiap pemain akan mendapatkan 13 kartu.
– Kartu harus disusun menjadi tiga tingkatan: tangan bawah dengan 5 kartu, tengah dengan 5 kartu, dan atas dengan 3 kartu.
– Tangan bawah harus memiliki nilai kombinasi kartu lebih tinggi daripada tengah, dan tengah harus lebih tinggi daripada atas.
3. Nilai Kartu:
– Kartu bernilai tinggi adalah yang memiliki nilai tertinggi, seperti As, King, Queen, dan seterusnya hingga 2.
– Urutan dari kartu yang paling rendah hingga tertinggi adalah: 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, King, As.
4. Susunan Kombinasi Kartu:
– Tangan Bawah: kombinasi kartu poker yang biasa seperti straight, flush, full house, dan lain-lain.
– Tengah dan Atas: kombinasi kartu yang lebih rendah nilainya dibandingkan dengan tangan bawah.

Baca Juga: Togel: Panduan Lengkap Bermain dan Menang Hadiah Besar

Cara Bermain

1. Pembagian Kartu: Setelah kartu dikocok, masing-masing pemain akan mendapatkan 13 kartu secara acak.
2. Penyusunan Kartu:
– Pemain harus menyusun kartu ke dalam tiga tingkatan seperti yang dijelaskan sebelumnya.
– Setelah semua pemain selesai menyusun kartunya, mereka akan membandingkan setiap tingkatan kartu mereka dengan pemainlain.
3. Peringkat Tangan: Pemain dengan kombinasi kartu tertinggi di setiap tingkatan akan menjadi pemenangnya. Misalnya, jika satu pemain memiliki tiga tingkatan dengan nilai kartu tertinggi secara keseluruhan, dia akan menjadi pemenangnya.
4. Skor dan Poin: Biasanya, skor dihitung berdasarkan kombinasi kartu yang dimiliki oleh setiap pemain. Pemain dengan skor tertinggi setelah beberapa putaran biasanya dianggap sebagai pemenangnya.

Strategi Bermain

1. Susunan Kartu: Pemain perlu mempertimbangkan baik-baik susunan kartu mereka agar tangan bawah memiliki kombinasi terbaik, karena tangan bawah biasanya menentukan skor akhir.
2. Melihat Kartu Lawan: Mengamati kartu yang telah dimainkan oleh lawan bisa membantu dalam menentukan strategi penyusunan kartu selanjutnya.
3. Penempatan Kartu: Kadang-kadang, memilih untuk menempatkan kartu tertentu di tingkatan yang berbeda bisa menghasilkan kombinasi kartu yang lebih baik secara keseluruhan.

Share this Post